Pengertian Dan Manfaat Mengenal Kata Pada Anak Usia Dini ( Pg Paud )

- Kemampuan pengenalan kata yaitu kemampuan untuk sanggup mengikuti teks atau kisah tertulis dengan memperlihatkan kata-kata yang sanggup dikenali, mengetahui makna kata-kata yang sering didengar dan dilihat, dan berusaha mencari tahu arti kata dan frasa gres (Morisson, 2012: 261). Dari Kemampuan mengenali kata yaitu kemampuan anak untuk mengetahui atau mengenali gejala karakter.

 Kemampuan pengenalan kata yaitu kemampuan untuk sanggup mengikuti teks atau kisah tertuli Pengertian dan Manfaat Mengenal Kata Pada Anak Usia Dini ( PG PAUD )


Karena Anak-anak mempunyai karakteristik mereka sendiri dalam mempelajari kosa kata. Si Edgar Dale (Tarigan, 1986: 6) menyatakan bahwa cara bawah umur mencar ilmu kosa kata ada dalam dua cara: pertama, bawah umur mendengar kata-kata dari orang tua, anak yang lebih tua, teman bermain, televisi, atau radio, taman bermain, toko, sentra perbelanjaan, kantor pos, dan kedua, bawah umur mengalami sendiri dengan menyampaikan sesuatu, memakannya, menyentuh mereka, menciumnya, dan meminumnya.

Pengertian dan Manfaat Mengenal Kata Pada Anak Usia Dini ( PG PAUD )

Anak-anak mencar ilmu kosa kata melalui apa yang didengar bawah umur dan apa yang dialami bawah umur itu sendiri. Dari salah satu cara bawah umur mencar ilmu kosa kata dengan menyampaikan sesuatu melalui permainan. Permainan ini dirancang khusus untuk meningkatkan kosakata anak-anak. Adanya Dengan terlibat eksklusif dalam sejumlah kata, kata kerja, dan kata benda. Dari Keraf (Suhartono, 2005: 194) menyatakan bahwa kata benda yaitu nama benda dan segala sesuatu yang diblokir.

Dan Berdasarkan bentuknya, kata benda dibagi menjadi dua jenis, yaitu kata benda kasatmata yaitu objek yang sanggup ditangkap oleh panca indera, kata benda abnormal yaitu nama objek yang tidak sanggup ditangkap oleh panca indera. Dari Nurgiantoro (2011: 338) menyatakan bahwa kosakata yaitu kekayaan kata-kata yang dimiliki oleh bahasa yang membentuk kalimat yang mengekspresikan isi pikiran baik secara verbal maupun tulisan. Dari Perbandingan kata yaitu komponen bahasa yang berisi semua informasi perihal arti penggunaan kata dalam suatu bahasa. Mungkin Sejalan dengan pendapat ini, Hurlock (1978: 188) menyatakan bahwa kata benda yaitu kata pertama yang dipakai oleh bawah umur yang umumnya merupakan kata satu kata yang diambil dari bunyi dialog favorit.

Menurut Suhartono (2005: 176), simbol bunyi yaitu garis yang melambangkan bunyi bahasa. simbol bunyi dari bahasa ini disebut huruf. Surat-surat yang diperkenalkan kepada bawah umur vokal dan konsonan, tidak semua konsonan Indonesia diperkenalkan kepada anak usia dini. Ini alasannya yaitu konsonan yang berasal dari bahasa asing. Misalnya, konsonan f, q, v, x, dan z. Konsonan yang diperkenalkan oleh anak usia dini yaitu konsonan bilabial (p, b, m, w), konsonan gigi (n, t, d, l, s, dan r), konsonan palatal (c, j, dan y), konsonan velar (k dan g), konsonan glotal (h).

Suhartono menunjukkan, penggunaan surat-surat ini yaitu sebagai berikut: Papa, pipa, padi, pena, pensil, ayah, bola, basi, kerikil bata, bau, bisa, mama, mata, mual, malu, masak, beras, nama, badung , niat, perhatikan, tanah, tali, tulang, pengrajin, tiga, diam, daun, dinding, dua, dada, terbang, lebah, lidah, tua, luka, sepatu, sinar, surat, sandal, satu, rambut, robot, rapi , rela, rak, celana, candi, cacar, kadal, mencari, jendela, jerapah, jambu biji, jamu, jari, yaitu, yamaha, yaitu, tentu saja, berteriak, katak, saudara, kancil, kipas, kuku, hidung, hitam , harimau, hujan, hari.

Dari banyak sekali pendapat di atas, sanggup ditegaskan bahwa mengenali kata-kata yaitu kemampuan untuk mengikuti teks-teks tertulis dengan menyebutkan kata-kata yang gres terdengar, memperlihatkan kata-kata yang sanggup dikenali, memperlihatkan kepada orang, benda, tempat, tanaman, hewan, ide, dll. Seperti nama binatang, nama objek, dan nama orang.

Dalam sejumlah penelitian, metode Membaca sering dipilih dari atas ke bawah (top down) atau bahasa Utuh, yaitu bawah umur mencar ilmu melalui memahami bentuk-bentuk utuh. Maka Anak-anak yang mencar ilmu umumnya mengenali kata itu secara keseluruhan dan hanya menafsirkannya. Lebih lanjut, diungkapkan bahwa dalam seluruh metode bahasa bawah umur dihentikan diperkenalkan dengan alfabet tetapi kata-kata secara keseluruhan.

Manfaat Mengetahui Kata-Kata pada Anak Usia Dini

Carol Seeflt dan Barbara A. Wasik (2008: 375) mengungkapkan bahwa mencar ilmu mengenali kata-kata yaitu tonggak penting dalam kurikulum Taman Kanak-kanak melalui pengungkapan yang berulang-ulang dan bermakna pada acara-acara literasi, sehingga bawah umur tahu huruf-huruf membentuk kata. Bond dan Dykstra (Slamet Suyanto, 2005: 165) mengungkapkan bahwa bawah umur yang sanggup mengenali karakter dan kata dengan baik cenderung mempunyai keterampilan membaca yang lebih baik.

Menurut Broomly (dalam Nurbiana Dieni et al., 2005: 1.11) mengungkapkan kata sebagai sistem simbol reguler untuk mentransfer banyak sekali pandangan gres dan informasi yang terdiri dari simbol visual dan verbal. Ini memungkinkan bawah umur untuk menerjemahkan pengalaman mentah menjadi simbol yang sanggup dipakai untuk berkomunikasi dan berpikir.

Demikianlah klarifikasi perihal pengertian kata dan manfaat dari mengenali kata-kata pada anak usia dini. Dapat ditekankan bahwa mencar ilmu mengenal kata-kata semenjak usia dini sanggup bermanfaat bagi bawah umur untuk mempersiapkan pendidikan lebih lanjut sd , smp dan hingga sekolah tingkat tinggi.

0 Response to "Pengertian Dan Manfaat Mengenal Kata Pada Anak Usia Dini ( Pg Paud )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel