Cara Memasang Piting Lampu Dengan Saklar Sebagai Instalasi Paling Sederhana

Cara memasang Piting Lampu dengan saklar sebagai Instalasi paling sederhana

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai bagaimana cara memasang satu buah lampu diiringi dengan satu saklar sebagai pemutus dan penghubung arus listrik.

Biasanya, instalasi sederhana ini biasanya dipakai untuk kegiatan-kegiatan yang bersipat sementara untuk penerangan sementara, contohnya untuk panggung, acara-acara, dan lain-lain. Maka dari itu pengetahuan dasar cara memasang dan merancang satu piting lampu dan saklar ini dirasa perlu.  

Perlu diingat, hal pertama kali yang harus dilakukan kalau ingin memasang ataupun memperbaiki stop kontak, saklar, dan piting lampu yakni dengan menghubungi Profesional service yang telah mempunyai akta pada forum instalasi.

Selain akan lebih aman, baik, dan jauh lebih tahan lama, juga akan menjauhkan teman sekeluarga dari mengerikannya sengatan listrik

Baca disini nih bila tidak percaya


Lalu kenapa saya buat Artikel ini?

sebuah ilmu yang bermanfaat akankah dirahasiakan begitu saja? Tentu saja tidak, selain menambah wawasan, kenapa saya menulis wacana cara memasang instalasi 1 piting lampu dan saklar tunggal ini?

Tentu saja ada beberapa alasan berpengaruh yang mengakibatkan saya menulis artikel ini

yaitu

Sebagai pengetahuan dasar ilmu kelistrikan
Orang takut listrik, tidak lagi. Orang tidak akan takut listrik bila tahu ilmunya. Dengan ilmu segala hal akan dirasa mudah. Seperti halnya listrik, bila teman tahu sipat listrik, tahu bagaimana listrik berinteraksi, dan seluk beluk lain, tentu teman tidak akan takut dengan listrik.

Kecelakaan listrik, jangan.
Banyak sekali orang mencoba memperbaiki listrik dengan tidak ada pengetahuan dasar dan ilmu wacana listrik terutama perbaikan kompenen instalasi rumah menyerupai stop kontak dan saklar yang biasa sering terjadi gangguan

Dengan membaca Artikel ini insyaAlloh teman akan lebih hati – hati dan lebih memperhatikan Kesehatan, keselamat, kerja (K3)

Bila teman seorang profesional service, membaca ini akan mempercepat pekerjaan sobat
Pede sekali saya ini... hehe. Mungkin itu juga yah.... hehe

Bila teman hendak berguru perbaikan dan mau jadi profsional service, disini daerah yang tepat

Amin


Sebelum lebih lanjut, hal pertama yang harus dilakukan adalah?...

Niatkan dan iringilah dengan Do’a pada sang pencipta

Selanjutnya siapkan alat yang diarasa diharapkan menyerupai :

  1. Tespen, untuk mengecek apakah ada arus listrik atau tidak
  2. Avo meter, untuk menyidik keadaan rangkaian
  3. Obeng min dan Plus,
  4. Tang pemotong, pengupas dan kombinasi. Jika ada boleh juga sertakan tang pembulat
  5. Isolasi, sebagai pelindung dari kontak eksklusif dengan listrik

Kemudian siapkan juga materi yang akan dipakai menyerupai :

  • Piting lampu dan lampunya

  • Saklar tunggal atau boleh juga memakai saklar tukar
  • Kabel secukupnya
  • T-dus atau kontak sambung
  • Pipa PVC kalau dibutuhkan
  • Knee
  • Sengkang untuk menahan kabel
  • Dan bahan-bahan lain yang ingin teman tambahkan menyerupai kopi,,, supaya mantap

Cara memasang

Perhatikan gambar sketsa dibawah ini :
Cara memasang Piting Lampu dengan saklar sebagai Instalasi paling sederhana Cara memasang Piting Lampu dengan saklar sebagai Instalasi paling sederhana
<!--[if !vml]--><!--[endif]-->
Keterangan gambar :
Nomor 1 yakni saklar tunggal
Nomor 2 yakni piting lampu
Garis penggal polos yakni jumlah kabel fasa
Garis penggal pergaris yakni jumlah kabel netral

Jika teman masih kesulitan menafsirkan Instalasi diatas, dapat lihat gambar pengawatan dibawah ini :
Cara memasang Piting Lampu dengan saklar sebagai Instalasi paling sederhana Cara memasang Piting Lampu dengan saklar sebagai Instalasi paling sederhana
<!--[if !vml]--><!--[endif]-->
Keterangan
F = kabel fasa
N = Kabel Netral

Langkah pemasangan

Kabel Netral dihubungkan eksklusif pada kontak sambung piting lampu. Kabel netral pada piting lampu diharuskan menjadi penghantar samping.

Pemasangan kabel pada piting lampu yang baik yakni dengan mengupas kabel NYA atau kabel tunggal, lalu bulatkan sehingga membentuk sambungan mata itik. Kemudian kaitkan sambungan kabel netral tersebut pada baud dan kencangkan baud kontak sambung piting tersebut.


Untuk pemasangan kabel fasa disambungkan eksklusif pada saklar. Pemasangan kabel pada saklar biasanya dapat eksklusif dutusukan pada lubang yang telah disediakan. Namun sebelumnya kabel dikupas terlebih dahulu sepajang 10 mm.

Sambungan kabel fasa kembali pada saklar tunggal pada lubang yang satunya lagi dan dari sana kabel diteruskan pada piting, panjang kabel dapat disesuaikan.

Pemasangan kabel fasa pada piting dilakukan sama dengan pemasangan kabel netral. Hanya saja pemasangan kabel fasa dihubungkan pada kontak hubung piting yang ditengah.

Cara kerja rangkaian

Cara kerja rangkaian satu piting dan satu saklar tunggal sangat simple sekali. kalau saklar dionkan maka lampu hidup dan kalau saklar dioffkan lampu mati.

Mudah bukan

Cara cek baik tidaknya rangkaian memakai AVO meter

Avometer yakni alat yang dipakai untuk mengkur arus tegangan tahanan. Yang kita gunakan disini yakni pengukuran tahanan. Maka dari itu, arahkan selektor switch sehingga mengarah pada 
pengkuran Ohm 1X 10X atau X lainnya.

Lakukan kalibrasi jarum Avometer dengan cara menghubungkan kedua jarum – dan + sehingga jarum penunjuk arah pada AVOmeter bergerak atau timbulnya angka pada Avometer digital.

Setelah Avometer disiapkan, silahkan sambungkan kedua jarum Avometer pada kabel fasa dan netral menyerupai ditunjukan oleh gambar dibawah ini :
Cara memasang Piting Lampu dengan saklar sebagai Instalasi paling sederhana Cara memasang Piting Lampu dengan saklar sebagai Instalasi paling sederhana
<!--[if !vml]--><!--[endif]-->
  • Lihat prilaku jarum pada layar Avometer
  • Jangan lupa, sebelum pengecekan dilakukan, hubungkan terlebih dahula lampu pada piting lampu
  • Jika saklar dionkan, maka jarum pada layar AVO meter harus bergerak
  • Jika saklar di Offkan, maka jarum pada layar AVO meter harus tidak bergerak
  • Namun, kalau jarum AVO meter tidak bergerak baik dalam keadaan saklar on dan off berarti ada permasalah. Silahkan periksa kembali sambungan
  • Jika jarum Avometer bergerak terus baik dalam keadaan saklar on atau off berarti ada trip/konsleting. Periksa setiap sambungan. Misalnya sambungan piting lampu, jangan hingga sambungan fasa dan netral tergabung.


Akhir Kata


Terima kasih banyak telah mengunjungi blog Klik Pengetahuan kami. Beri tahu saya jika ada yang ingin anda tanyakan mengenai "Cara Memasang Piting Lampu Dengan Saklar Sebagai Instalasi Paling Sederhana" melalui komentar dibawah 

0 Response to "Cara Memasang Piting Lampu Dengan Saklar Sebagai Instalasi Paling Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel