Cara Merawat Solder Uap Yang Benar

 Senang rasanya jika semua perlatan reparasi kita selalu dalam keadaan siap pakai sehingga Cara Merawat Solder Uap Yang Benar
Senang rasanya jika semua perlatan reparasi kita selalu dalam keadaan siap pakai sehingga dapat diandalkan. Seperti halnya solder uap yang merupakan hardware yang cukup vital dalam penggunaan sehari-hari.

Setelah sebelumnya dibahas perihal "Cara Menggunakan Solder uap" dan "Pengenalan Solder Uap". Kali ini Alat Rumah Tangga akan membahas problem penggunaan dan perawatan pada solder uap atau yang lebih di kenal dengan Blower. Agar blower selalu terawat dengan baik, di butuhkan teknik khusus dalam hal penggunaan, artinya pemakaiannya dihentikan asal-asalan. Hal ini dilakukan semoga solder dapat bertahan usang walaupun sering di gunakan.

Berikut ini Langkah langkah dalam merawat solder uap:
  1. Masukkan steker Solder uap ke dalam stopkontak, kemudian Tekan Tombol power pada posisi ON, untuk menjalankan fungsi blower. 
  2. Atur panas/suhu dan tekanan udara sesuai suhu yang diinginkan.
  3. Bersihkan PCB dari kotoran atau minyak menggunakan cairan IPA/tiner A special, gunakan kuas lembut jangan hingga merusak komponen di sekitarnya 
  4. Pada dikala menggunakan, mata blower harus berada tepat dan tegak lurus diatas media yang akan dipanasi. Perhatikan komponen yang dipasang, jangan hingga terbalik pada posisi tanda yang ada di papan PCB. 
  5. Lindungi komponen yang mengandung materi plastic yang ada disekitar IC yang akan dipanasi. Gunakan pinset untuk memegang /menggoyang IC. 
  6. Gerakkan head blower memutar beraturan di atas medium yang dipanasi, jangan hingga terfokus atau membisu usang di atas medium/IC yang dapat menjadikan kerusakan. Jangan memanasi komponen terlalu lama, dapat menjadikan rusak atau berkurangnya intensitas komponen. Pastikan timah melekat tepat pada papan PCB dan komponen.
  7. Setelah simpulan dan sudah merata kemudian kembali letakkan gagang Solder pada tempatnya kemudian putar ukuran tegangan untuk air atau udara pada posisi paling maksimal (angka 8) dan untuk tegangan heather atau panas putar ke posisi paling rendah atau pada angka 1. Setelah itu tekan power OFF.
  8. Biarkan solder hambar dengan sendirinya. Pada tahap ini udara akan mengeluarkan sisa panas yang masih ada selama ½ menit. Mohon diperhatikan semoga Jangan pernah mencabut pribadi kabel steker sesudah simpulan menggunakan solder alasannya ialah dapat menjadikan solder uap cepat rusak. 

Demikian artikel ini dapat membantu yang sedang anda cari. Apabila menemukan link rusak / broken link silahkan berkomentar / menghubungi saya.

0 Response to "Cara Merawat Solder Uap Yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel