Cara Membuat Jumper Saklar Ke Stop Kontak

Ada kalanya kita akan memasang sebuah saklar yang bersatu dengan stop kontak. Ada dua fungsi yang dapat kita gunakan untuk saklar yang bersatu dengan stopkontak tersebut. Yang pertama adalah, saklar tersebut difungsikan untuk menyalakan atau mematikan sebuah lampu, dan Stopkontak tersebut difungsikan untuk pemakaian alat elektronik lainnya.

Yang kedua adalah, saklar tersebut difungsikan untuk menyambungkan dan memutuskan listrik yang mengalir pada stopkontak di dekat/sebelahnya.
Ada kalanya kita akan memasang sebuah saklar yang bersatu dengan stop kontak Cara Membuat Jumper Saklar Ke Stop Kontak

Fungsi saklar untuk meyalakan dan mematikan lampu

Pada fungsi ini saklar bertugas memutus dan menyambungkan listrik ke lampu, sedangkan listrik pada stopkontak tetap tersambung.
Ada kalanya kita akan memasang sebuah saklar yang bersatu dengan stop kontak Cara Membuat Jumper Saklar Ke Stop Kontak
Pasang kabel Fitting lampu / kap lampu - Untuk instalasinya, pertama-tama kita pasang dulu Fitting lampu kemudian pasangkan kabelnya. Satu kabel dihubungkan ke kabel negatif dari jalur utama listrik (bila ada gunakan kabel biru). Sedangkan kabel lain dihubungkan ke saklar (bila ada gunakan kabel hitam), kabel hitam ini gunanya untuk mendapat listrik kasatmata dari stopkontak.

Membuat jumper dari saklar ke stop kontak - Setelah kabel dari Fitting lampu terhubung ke salah satu terminal kabel saklar, lalu kita hubungkan terminal saklar lainnya (warna merah) ke salah satu terminal kabel stop kontak, ini disebut juga jumper dalam gambar berwarna kuning.

Pasang kabel Stop kontak - Terminal kabel pada stopkontak yang terhubung dengan saklar selanjutnya kita hubungkan dengan kabel kasatmata dari jalur utama listrik yang terhubung dengan MCB (gunakan kabel hitam). Sedangkan terminal stopkontak lainnyya dihubungkan dengan kabel negatif dari jalur utama listrik (Kabel biru).


Fungsi saklar untuk menyambung dan memutus listrik Stop Kontak

Pada fungsi ini, saklar bertugas untuk memutuskan dan menyambungkan ajaran listrik dari jalur utama menuju saklar
Ada kalanya kita akan memasang sebuah saklar yang bersatu dengan stop kontak Cara Membuat Jumper Saklar Ke Stop Kontak

Menyambung kabel kasatmata ke saklar - Untuk pemasangan dibutuhkan dua buah kabel saja, satu kabel dari jalur utama listrik yang bermuatan kasatmata (strum, warna hitam) dihubungkan ke salah satu terminal kabel saklar.

Membuat jumper dari saklar ke stop kontak - Satu terminal kabel saklar lainnya (tombol kecil warna merah) dihubungkan ke salah satu terminal kabel pada stopkontak, ini disebut juga jumper dalam gambar berwarna kuning.

Terakhir, terminal kabel lainnya pada stop kontak dihubungkan ke kabel negatif jalur utama listrik (warna biru).
Demikian artikel ini dapat membantu yang sedang anda cari. Apabila menemukan link rusak / broken link silahkan berkomentar / menghubungi saya.

0 Response to "Cara Membuat Jumper Saklar Ke Stop Kontak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel