2 Penyebab Listrik (MCB) Mati Saat Menyalakan Mesin Pompa Air

Beberapa ahad ini admin diminta tolong oleh beberapa tetangga yang listrik di rumahnya sering mati. Listrik mati ditandai dengan jeglek atau OFF nya MCB ketika menyalakan mesin pompa air, baik itu pompa berkekuatan kecil (dangkal), sedang, sampai besar lengan berkuasa (Sanyo, Shimizu, Jet Pump, Semi Jet Pump, dll ).

Listrik bermasalah yang pertama di datangi yakni sebuah Masjid. Yang memanggil Admin untuk menilik yakni Marbotnya. Saat kami datang, MCB sentra yang letaknya erat dengan meteran dalam keadaan mati. Kemudian kami mencoba menyalakan kembali MCB dengan meng-ON-kannya.

Beberapa ahad ini admin diminta tolong oleh beberapa tetangga yang listrik di rumahnya s 2 Penyebab Listrik (MCB) Mati Saat Menyalakan Mesin Pompa Air
Saat itu, saklar Mesin Pompa dalam keadaan mati, kemudian kami nyalakan pompa dengan meng_ON_kan saklarnya. Ternyata mesin pompa air bekerja menyerupai biasanya, airpun begitu deras keluar dari keran. Namun selang beberapa menit, MCB jeglek dan mesin airpun ikut mati.

Kecurigaan kami ketika melihat insiden tersebut yakni MCB bermasalah, sebab ketika diuji, mesin air menyala dengan normal dan air mengalir dengan sempurna. Kemudian Kami menyarankan ke Marbotnya untuk melapor ke PLN semoga MCB sentra diganti. Namun, iseng-iseng Kami melihat MCB sentra yang jeglek, ternyata tidak disegel oleh PLN, jadi ada kesempatan untuk mencoba mengganti sementara MCB tersebut dengan MCB cadangan.

Singkat cerita, MCB sentra kami ganti dengan MCB cadangan yang nilainya sama. Saat MCB dinyalakan, kembali Pompa air berputar dengan normal, dan air mengalir. Namun, belum juga satu menit, ternyata MCB kembali mati.

Melihat insiden ini, Kami berasumsi bahwa tidak ada duduk kasus dengan MCB, kemudian kami menilik jalur kabel pompa, takutnya ada yang konslet (hubungan pendek), naum sehabis diperiksa kabel dalam keadaan tersambung dengan baik. kemudian kami ukur lilitan/spull mesin air. Setelah diperiksa ternyata lilitan ada yang konslet, ini terlihat pada alat ukur Ohm yang mengatakan nilai yang kurang standar dari sebuah lilitan.

Untuk memperbaikinya, kami serahkan ke bengkel yang biasa mendapatkan melilit ulang spull, di kawasan kami biasa disebut Ngawekel.

Di kawasan yang berbeda, kembali kami dimintai dukungan untuk memperbaiki listreik di salah satu rumah. Kata yang empunya rumah, listrik akan mati sehabis menyalakan mesin air. Kemudian dengan bergegas, kami mengecek apa penyebabnya.

Setelah menyalakan MCB, kemudian pompa kami nyalakan. Saat itu pompa berjalan dengan air normal, dan air mengalir dengan deras. Namun sehabis beberapa menit, listrik mati. Kemudian kami mencoba menilik pompa air, sebab mungkin saja penyakitnya menyerupai pompa air yang ada di Masjid tadi.

Namun sehabis diukur dengan Ohm meter, ternyata mesin pompa air tidak mengalami kerusakan, baik itu lilitannya ataupun perkabelannya. Sepertinaya MCBnya yang ada masalah. kemudian kami sarankan ke pemilik semoga menghubungi PLN untuk menganti MCB yang sudah rusak tersebut.
Demikian artikel ini dapat membantu yang sedang anda cari. Apabila menemukan link rusak / broken link silahkan berkomentar / menghubungi saya.

0 Response to "2 Penyebab Listrik (MCB) Mati Saat Menyalakan Mesin Pompa Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel